Alun Alun Kidul Jogja

Alun – alun Kidul Jogja

Alun-alun kidul Jogja atau yang biasa disingkat oleh warga sekitar dengan sebutan Alkid, merupakan salah satu dari dua alun-alun keraton Jogjakarta yang terletak di sebelah selatan Keraton. Dua alun-alun yang dimiliki oleh Kasultanan Yogyakarta ini memiliki fungsi masing-masing. Jika alun-alun utara lebih berfungsi untuk menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang bersifat massal, maka menurut kepercayaan kejawen, alun-alun kidul dianggap berfungsi sebagai tempat peristirahatan para dewa sehingga dijadikan tempat untuk menenangkan hati.

Pada masa Kasultanan Yogyakarta dulu, alun-alun kidul Jogja ini dijadikan sebagai pusat latihan ketangkasan para prajurit keraton seperti berkuda, memanah dan latihan perang lainnya. Di tempat ini juga para prajurit dilatih menjaga konsentrasinya dengan cara berjalan melewati tengah-tengah dua pohon beringin kembar yang terletak di tengah-tengah lapangan dengan ditutup matanya.

Dalam tata arsitektur tradisional Jawa dikenal istilah Catur Gatra Tunggal, artinya empat elemen dalam satu kesatuan. Hal ini bisa disaksikan di Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat tempat berdirinya keraton, masjid, alun-alun, dan pasar. Masing-masing sebagai pusat kekuasaan, ibadah, kegiatan rakyat, dan ekonomi. Yogyakarta mempunyai dua alun-alun, satu ada di depan keraton yang disebut Alun-Alun Utara (alun-alun lor), satu lagi ada di belakang yang disebut Alun-Alun Selatan (alun-alun kidul). Letak keraton Yogyakarta sendiri berada di sebuah garis imajiner yang menghubungkan antara Gunung Merapi, Keraton, dan Pantai Parangtritis.

Hal-hal menarik Di alun – alun Kidul

Banyak hal-hal menarik yang bisa dilakukan di alun-alun kidul ini, diantaranya : 

  1. Masangin adalah tantangan berjalan melewati tengah-tengah 2 pohon beringin dengan mata tertutup. Jika berhasil menurut mitosnya semua permohonan akan dikabulkan. Di Alkid ini banyak para penjual yang menyewakan tutup mata berwarna hitam dengan harga sekitar Rp.3000,-.
  2. Naik Kendaraan Lampu Hias atau becak kayuh yang dihiasi lampu berwarna-warni dari yang polos hingga berbentuk menyerupai binatang atau toko-tokoh di dunia kartun. Anda bisa menyewanya dengan tarif sekitar Rp.15.000,- hingga Rp.30.000,- untuk 3 sampai 4 putaran mengelilingi alun-alun tergantung dari daya tampung dan keindahan bentuk lampu hiasnya.
  3. Alkid juga sering dijadikan sebagai tempat untuk menggelar Konser live artis ibu kota atau band papan maupun Pertunjukan pagelaran seni lainnya seperti wayang. Jika sudah acara live concert ibu kota, maka bisa dipastikan kita justru tidak bisa duduk tenang dan menikmati sejuknya malam di alun-alun kidul karena suasana akan menjadi ramai dan penuh sesak.
  4. Tempat ini juga sering dijadikan Tempat berkumpulnya komunitas pecinta hobi tertentu seperti sepeda tua, motor tua, latihan silat dan tenaga dalam serta berbagai perkumpulan lainnnya. Jika kamu juga punya komunitas pecinta hobi tertentu, maka Alkid bisa menjadi salah satu alternative tempat untuk berkumpul.

Lokasi Via Google Maps.

Paket Sewa Mobil

Paket Sewa Avanza Paket Sewa Innova
Paket Sewa Toyota HiacePaket Sewa Elf Short
Paket Sewa Elf LongPaket Sewa Medium Bus
Paket Sewa Big BusPaket Sewa Toyota Fortuner
Paket Sewa Toyota CamryPaket Sewa Toyota Alphard

Mohon Beri Nilai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat