Bakmi Jawa

Bakmi Jawa atau Mi Jawa adalah bakmi rebus (bahasa Jawa: bakmi godhog) yang dimasak dengan bumbu khas masakan Jawa. Kebanyakan bakmie Jawa adalah bakmie rebus, sehingga di luar negeri (Malaysia dan Singapura) bakmie Jawa ini dikenal dengan sebutan mie rebus. Akan tetapi sebenarnya terdapat variasi mie goreng dari bakmie Jawa.

Mie dimasak di atas tungku tanah liat (anglo) dan api arang. Meskipun banyak pembeli yang memesan, juru masak tidak memasak semua pesanan dalam satu wajan besar. Melainkan bahan dan bumbu diracik satu per satu. Pesanan dimasak satu porsi demi satu porsi di dalam wajan kecil. Ciri khas lainnya bakmie Jawa adalah penambahan suwiran daging ayam kampung dan telur bebek ke dalam masakan.

Bakmie Jawa banyak dijajakan di Yogyakarta dan kota-kota di Provinsi Jawa Tengah. Seperti Sumpiuh, Purwokerto, Karanganyar, Magelang, Semarang, Solo dan kota kota lainnya. Desa Piyaman, Wonosari, Gunungkidul merupakan tempat asal pedagang bakmie Jawa yang berdagang di berbagai kota besar di Indonesia.

Mohon Beri Nilai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *