Wisata Kawah Sikidang Dieng

Pesona Wisata Kawah Sikidang Dieng, Wonosobo

Kawah Sikidang adalah salah satu obyek wisata unggulan Dieng yang wajib dikunjungi. Setiap ada Acara Dieng Tour Kawah Sikidang pasti menjadi kawasan pertama yang di request ingin di kunjungi. Karena merupakan kawah yang paling populer dikunjungi wisatawan karena paling mudah dicapai. Kawah ini terkenal karena lubang keluarnya gas selalu berpindah-pindah di dalam suatu kawasan luas. Itulah sebabnya Kawah Sikidang menjadi salah satu dari banyak kawah di kawasan wisata Dataran Tinggi Dieng yang paling diminati.

Dari karakternya inilah namanya berasal karena penduduk setempat melihatnya berpindah-pindah seperti kijang (kidang dalam bahasa Jawa). Dataran Tinggi Dieng adalah gunung berapi raksasa dengan telaga-telaga dan kawah-kawah bekas letusan yang dihuni penduduk. Kawah-kawah yang masih menujukkan aktivitas vulkanik ini menjadi daya tarik tersendiri. Salah satu hal unik lainnya adalah Telor Rebus Kawah Sikidang. Masyarakat sekitar menjual telur mentah untuk kemudian direbus di sebuah kawah kecil yang airnya mendidih. Anda bisa langsung merebus sendiri telur di kawah kecil tersebut, dalam 5 menit akan langsung matang. 

Seperti kawah-kawah pada umumnya, Kawah Sikidang juga tinggi akan kandungan sulfur atau belerang serta zat beracun lainnya. Oleh sebab itu bau gas yang keluar sangat menyengat dan beracun. Untuk itu, jika berwisata ke Kawah Sikidang, Pengunjung disarankan untuk memakai masker atau penutup mulut lainnya. Pengunjung juga harus mematuhi peraturan-peraturan yang tertera di dekat kawah. Seperti melarang pengunjung untuk menyalakan api atau membuang puntung rokok ke dalam kawah. Karena Api yang mengenai zat-zat dari gunung berapi atau gas-gas dari kawah bisa memicu ledakan dan kebakaran.

Lokasi

Kawah Sikidang di Dieng ini terletak di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, walaupun masih banyak yang mengatakan letaknya di Wonosobo. Untuk mencapainya juga sangat mudah karena letaknya dekat dengan Kompleks Candi Arjuna dan Candi Bima. Untuk memasuki kawasan wisata Kawah Sikidang Dieng Anda dikenai harga tiket masuk  Rp.10.000 yang merupakan tiket terusan dari obyek wisata Kompleks Candi Arjuna dan Candi Bima.

Objek Wisata ini mulai buka setiap hari dari jam 07.00-16.00 WIB. 

Lokasi Via Google Maps.

Paket Sewa Mobil Jogja

Paket Sewa Avanza Paket Sewa Innova
Paket Sewa Toyota HiacePaket Sewa Elf Short
Paket Sewa Elf LongPaket Sewa Medium Bus
Paket Sewa Big BusPaket Sewa Toyota Fortuner
Paket Sewa Toyota CamryPaket Sewa Toyota Alphard

Mohon Beri Nilai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat