Museum Sisa Hartaku, Kawasan Merapi Jogja

Museum Sisa Hartaku, Peninggalan Erupsi di Kawasan Merapi Jogja

Museum Sisa Hartaku adalah museum yang terletak di kawasan Kaliadem tepatnya di desa Petung, Kepuharjo, Cangkringan. Wisata di museum ini cukup jauh karena kendaraan pribadi tidak boleh masuk di portal kawasan Kaliadem. Museum ini dinamakan Museum Sisa Hartaku karena sebagai sebuah bukti kisah pilu amukan Gunung Merapi yang terjadi pada tahun 2010 silam. Banyak benda yang tersisa di museum yang tersisa bekas dari terkena sengatan panas abu tebal Gunung Merapi.

Di museum ini kamu bisa melihat banyaknya benda-benda yang meleleh, hancur akibat dari serangan erupsi Merapi kala itu. Uniknya lagi museum ini tidak memungut biaya. Hanya jika pengunjung ingin memberikan uang selayaknya infaq maka sangat dipersilahkan karena tersedia kotak sumbangan.

Di museum ini ada sekitar 3 ruang yang menjadi penyimpanan barang-barang bekas erupsi merapi. Ruang pertama adalah teras yang digunakan untuk menyipan kerangka sapi dan kerangka motor. Ruang kedua adalah ruang tamu, di ruang tamu ini digunakan untuk menyimpan alat-alat rumah tangga, alat musik, dan bukti jam merapi meletus. Diruang yang ketiga adalah bekas kamar yang digunakan untuk menyimpan botol-botol bekas yang meleleh, gamelan, pusaka-pusaka, dan foto-foto penampakan wujud penunggu merapi.

Museum ini menjadi pengingat betapa dasyatnya Gunung Merapi yang meletus pada hari jumat 5 November 2010 pada jam 00.05 tengah malam. Waktu sudah berlalu cukup lama, tapi kisah erupsi Gunung merapi ini akan selalu terkenang di hati mereka dan juga kita. Museum Mini ini akan menceritakan untuk kita yang berkunjung ke sana. Dimuseum ini juga ada yang menjual souvenir merapi berupa kaos, shal, jaket dan VCD reka ualng Erupsi Merapi.

Lokasi Via Google Maps.

Paket Sewa Mobil

Paket Sewa Avanza Paket Sewa Innova
Paket Sewa Toyota Hiace Paket Sewa Elf Short
Paket Sewa Elf Long Paket Sewa Medium Bus
Paket Sewa Big Bus Paket Sewa Toyota Fortuner
Paket Sewa Toyota Camry Paket Sewa Toyota Alphard

Mohon Beri Nilai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *