Pantai Parangtritis, Yogyakarta

5/5 (1)

Objek Wisata Pantai Parangtritis Jogja

Pantai Parangtritis – Merupakan objek wisata yang cukup terkenal di Yogyakarta selain objek pantai lainnya seperti Samas, Baron, Kukup, Krakal dan Glagah. Parangtritis mempunyai keunikan pemandangan yang tidak terdapat pada objek wisata lainnya yaitu selain ombak yang besar juga adanya gunung-gunung pasir di sekitar pantai, yang biasa disebut gumuk. Objek wisata ini sudah dikelola oleh pihak Pemkab Bantul dengan cukup baik, mulai dari fasilitas penginapan maupun pasar yang menjajakan souvenir khas wisata pantai Parangtritis.

pantai parangtritis

Di Pantai Parangtritis anda dapat menikmati beberpa fasilitas yang tersedia seperti ATV, kereta kuda & kuda yang dapat disewa untuk menyusuri pantai dari timur ke barat. Selain itu Parangtritis juga merupakan tempat untuk olahraga udara/aeromodeling. Setiap hari di pantai ini tidak pernah kehausan pengunjung, ada saja penduduk  lokal maupun tourist menjajakkan kaki di pantai ini. Selain lekat dengan kisah Ratu Kidul, pantai ini juga memiliki posisi penting bagi Kasultanan Yogyakarta. Sebuah sumbu imajiner menghubungkan Pantai Parangtritis, Kraton Yogyakarta, Tugu Jogja, hingga Gunung Merapi.

Pada tiap bulan suro, keluarga besar Kraton Yogyakarta mengadakan upacara labuhan atau larung sajen di Pantai Parangtritis. Menjelang hari raya Nyepi, Pantai Parangtritis dijadikan lokasi Upacara Melasti bagi ribuan umat Hindu di Yogyakarta. Acara ini akan diawali dengan kirab sesaji yang diiringi gamelan Bali kemudian diakhiri dengan melarung sesaji atau pakelem.

Berbeda dengan pantai-pantai Gunungkidul yang berpasir putih, pantai ini berpasir hitam. Konon pasir hitam yang ada di pantai ini merupakan pasir yang berasal dari lereng merapi. Material vulkanik ini dibawa oleh aliran Sungai Opak. Di beberapa lokasi, pasir yang terkena hempasan angin secara terus menerus ini berubah menjadi sand dune (gumuk pasir) yang indah dan menyerupai alam padang gurun.

Tiket masuk kawasan Pantai Parangtritis sebesar Rp 5.000 per orang. Tiket ini sudah termasuk asuransi jiwa.

Lokasi Via Google Maps.

 

Paket Sewa Mobil

Paket Sewa Avanza Paket Sewa Innova
Paket Sewa Toyota HiacePaket Sewa Elf Short
Paket Sewa Elf LongPaket Sewa Medium Bus
Paket Sewa Big BusPaket Sewa Toyota Fortuner
Paket Sewa Toyota CamryPaket Sewa Toyota Alphard

Mohon Beri Nilai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat