Sentra Batik Bantul

4.5/5 (2)

Sentra Batik Desa Wisata Giriloyo, Bantul

Saat ini hampir seluruh masyarakat Indonesia mempunyai pakaian batik, belum lengkap rasanya koleksi busana di almari kalau belum ada baju batik. Batik menjadi produk unggulan di berbagai daerah di Indonesia dan sudah sangat nge-trend karena luwes dikenakan di berbagai acara. Masing-masing daerah mempunyai ciri khas dan keunikan batik tersendiri baik motif dan warnanya.

Banyak instansi pemerintah maupun swasta yang telah mewajibkan penggunaan baju batik ditiap hari tertentu. Batik yang dulunya hanya dikenakan orang tua kini juga digemari anak muda, karena banyak sekali perkembangan motif batik kontemporer yang pas dan cocok dikenakan oleh siapapun termasuk anak muda, selain motif klasik yang masih mengikuti pakem. Bagi anda para pecinta batik, anda dapat berkunjung ke Giriloyo untuk berburu batik. Giriloyo adalah sebuah dusun di bawah kaki perbukitan Imogiri. Suatu bukit yang terkenal di daerah kawasan selatan Yogyakarta karena di sanalah raja-raja kerajaan Mataram Islam dimakamkan.

Daerah Giriloyo ini sebenarnya tidak terlalu jauh dari pusat pemerintahan Daerah Istimewa Yogyakarta (jaraknya hanya sekitar 15 km/ kira-kira 40 menit). Namun karena daerah ini terpencil dan berada di kaki bukit. Suasana khas pedesaan yang sepi dan sunyi namun penuh dengan kebersamaan dan kedamaian sangat mewarnai daerah tersebut. Ada banyak kelompok batik di kampung ini dan rata-rata menjual batik tulis asli dengan berbagai motif. Ada belasan kelompok batik tulis di kampung Giriloyo dengan koleksi-koleksi batik yang menawan. Anda dapat berburu batik tulis asli di kampung batik Giriloyo. 

Produk utama kelompok batik di Giriloyo adalah kain batik tulis yang menawan sebagai sentra batik di bantul, nanti anda dapat membuatnya menjadi baju, selendang, gaun atau berbagai keperluan lain bahkan sekedar untuk koleksi. Kampung Batik Giriloyo ini tak sekedar destinasi wisata biasa, namun juga tempat belajar mengenal lebih dekat kekayaan warisan nenek moyang. Jangan sampai negara lain lebih mengenal kekayaan warisan negara kita dibanding kita sendiri. 

Lokasi Via Google Maps.

Paket Sewa Mobil

Paket Sewa Avanza Paket Sewa Innova
Paket Sewa Toyota HiacePaket Sewa Elf Short
Paket Sewa Elf LongPaket Sewa Medium Bus
Paket Sewa Big BusPaket Sewa Toyota Fortuner
Paket Sewa Toyota CamryPaket Sewa Toyota Alphard

Mohon Beri Nilai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat