Transjakarta mulai Uji Coba Gunakan Bus Listrik

Penerapan Bus Listrik di Indonesia Akan Dimulai dari Transjakarta

Bus Listrik yang akan di produksi dalam negeri oleh PT Mobil Anak Bangsa (MAB) sedang dalam proses uji coba dan pengetesan yang dilakukan secara bertahap. Dalam hal ini Transjakarta total telah memesan sebanyak 30 unit bus listrik dari MAB. Yang rencananya kendaraan Transjakarta tersebut akan dimulai beroperasi khusus untuk angkutan menuju bandara. Selain dari Transjakarta MAB juga mendapatkan pesanan dari Perum Pengangkut Penumpang Djakarta (PPD) sebanyak 130 unit bus listrik.

Baca Juga : Peluncuran Toyota TJ Cruiser di Akhir Tahun

bus listrik transjakarta

Menariknya menurut info dari Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Hubungan Masyarakat Transjakarta Nadia Diposanjoyo. Beliau mengatakan Transjakarta sampai saat ini total ada 28 penyedia bus listrik yang sudah mendaftar. Semuanya nanti akan diseleksi oleh PT Transportasi Jakarta dengan diuji coba sebelum akhirnya diambil keputusan untuk digunakan. Adapun, bus listrik dari MAB tersebut sudah lolos uji tipe dari Kementerian Perhubungan dan Kementerian Perindustrian sehingga sudah siap untuk mulai diproduksi. 

“Sejauh ini kita baru hanya uji coba, belum ke tahap operasional. Ini kan barang baru, jadi kita harus pikirkan juga ketahanan dari bus-bus itu seperti apa. Intinya akan kita evaluasi dulu, dari semua merek yang terdaftar, nanti kita minta untuk uji coba dulu,” ujar Nasia yang dikutip melalui Kompas.com, Rabu (25/9/2019).

Baca Juga: Toyota Innova Bermesin Hybrid

Nadia pun menambahkan, bahwa sebenarnya untuk calon unti bus Listrik tersebut bukan hanya dari MAB dan BYD saja. Beberapa merek dari negara-negara Eropa dan Asia juga ada yang ikut mengajukan penyediaan bus listrik untuk transportasi di Jakarta.

Kelebihan Transportasi Listrik

Penggunaan kendaraan bertenaga Listrik tersebut dinilai akan memiliki dampak positif terhadap Kesehatan lingkungan. Namun, dalam hal ini pemerintah akan menyerahkan keputusan masing-masing pemda terkait kewajiban pemakaian kendaraan listrik. Terutama untuk angkutan Umum di masing-masing kotanya.

Baca Juga : Wisata Waduk Sermo Lokasi, fasilitas dan Biaya

transjakarta bus listrik


Sebelumnya, Pra uji coba telah dilakukan oleh Transjakarta pada tiga unit bus listrik di Jakarta pada bulan Juni lalu. Tercatat, dalam pra-uji tersebut sekitar 13 ribu penumpang yang telah menikmati bus listrik yang didatangkan dari Tiongkok tersebut. “Warga sangat antusias, mereka bilang busnya nyaman, tidak ada bunyinya seperti bus pada umumnya yang bising, dan tidak ada knalpot sehingga tidak ada asap,” ujar Direktur Utama Transjakarta Agung Wicaksono. 

Mohon Beri Nilai

4 gagasan untuk “Transjakarta mulai Uji Coba Gunakan Bus Listrik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat