Wisata Kuliner Magelang

Posted on

Mengunjungi kota Magelang belum lengkap rasanya jika tidak mencicipi makanan khas nya atau berwisata kuliner.Berikut ini adalah referensi tempat makan enak di Magelang yang wajib anda coba :

Mangut Beong Borobudur 

279360_mangut-ikan-beong-khas-borobudur_663_382

Sekitar 2 (dua) kilometer sebelah barat Candi Borobudur ada sebuah warung makan sederhana bernama Warung Makan Sehati Selera Pedas. Makanan di Warung Makan Sehati ini hampir semuanya berselera pedas, sesuai dengan nama warungnya. Nah, menu yang paling juara dari warung makan ini adalah Mangut Beong, apa itu Beong?

Mangut seperti kita tahu adalah masakan seperti gulai yang encer namun pedas. Yang biasa dimasak menjadi mangut adalah ikan air tawar, mangut paling populer yang kita tahu adalah mangut ikan lele. Beong adalah ikan air tawar sebangsa lele, namun dengan ukuran yang sangat besar.
Beong adalah ikan endemik yang hanya bisa ditemukan di sungai Progo dan kini sudah mulai langka namun ada kabar baik bahwa Beong mulai dibudidayakan warga sekitar. Yang paling disukai dari Mangut Beong adalah bagian kepalanya. Mangut Beong ini diproses dengan digoreng garing terlebih dahulu baru dimasukkan ke kuah super pedas hingga bumbunya meresap.
Kuah pedas mangut yang dimasak dengan cabe rawit dengan jumlah yang banyak ini rasanya sangat nendang dilidah, maknyusss sekali bagi penikmat pedas. Mangut Beong ini saya nikmati dengan sayur trancam yang sudah sepaket dengan nasi putih pulen yang kemebul atau masih panas. Sayur trancam ini selain penambah nikmat juga untuk mengimbangi pedesnya mangut.
Untuk menikmati satu porsi Nasi Sayur Trancam dengan lauk Mangut Ndas (kepala) Beong ukuran kecil cukup membayar Rp 20.000,- saja, untuk 2 (dua) gelas es teh manis hanya tambah Rp 3.000,-
Kupat Tahu Dompleng
079845700_1422869175-kupat_tahu
Selain terkenal dengan getuk atau ketan hijaunya, di Magelang ada juga makanan khas lainnya bernama Kupat Tahu Dompleng.Dalam bahasa Jawa, dompleng berarti menumpang. Entah apa maksud orang yang pertama kali menemukan kupat tahu ini.

Lokasi kupat tahu dompleng mudah ditemukan karena berada di pinggir jalan sebelah kiri dari arah Yogya dan kanan jalan dari arah Magelang. Lokasi tepatnya yakni di Jalan Magelang Yogyakarta KM 8 Blabak, Mungkid, Magelang. Untuk seporsi kupat tahu ini dibandrol dengan harga Rp8000 per porsinya.

Saat memesan kupat tahu, pengunjung bebas memilih tingkat kepedasan kupat dengan cara menyebutkan jumlah cabe yang dipesan. Jika datang ke warung ini, pengunjung harus siap antri. Apalagi pada saat jam makan siang.

Seporsi kupat tahu dompleng berisi ¾ tahu yang digoreng, cabe yang di uleg di piring, ditambah kupat, kecambah atau tauge, lalu disiram bumbu kecap dan potongan kasar kacang dan ditabur bawang goreng.

Walaupun murah tetapi jangan salah banyak yang mencari makanan yang satu ini lho. Malahan mayoritas pembelinya berasal dari luar kota. Ketenaran warung ini bertambah saat Bondan Winarno mndatangi tempat ini. Nah, bagaimana? Tertarik mencicipinya?

Mie Godhog

jika diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia, arti Godhog adalah rebus. Namun demikian, bukan berarti rasanya mirip Indomie rebus. Mie Godhog yang ini rasanya beda. Persamaannya, dua-duanya sama-sama nagih!

bakmi-godog_full